Minggu, 16 Mei 2010

Sosialisasi Si GreEn

Untuk membumikan program Sinjai green and clean, program officer Sinjai green and clean melakukan sosialisasi di 4 kelurahan di kecamatan Sinjai utara yang menjadi lokasi percontohan program ini. Hari Minggu ( 16/5 ) 2010, digelar sosialisasi di dua tempat, masing-masing di kantor lurah Lappa yang dihadiri motivator dan fasilitator lingkungan kelurahan Lappa dan Balangnipa serta dikelurahan Bongki. Sementara pada hari Senin ( 17/5 ), sosialisasi dilakukan di kantor lurah Biringere. Dalam penjelasannya, Project officer Sinjai green and clean, Zainal Abidin Ridwan menjelaskan kalau program ini merupakan program yang bertumpu pada peran serta masyarakat sebagai agen perubahan (agent of change) dalam mengelola lingkungan di daerahnya secara mandiri, termasuk kegiatan pengelolaan sampah seperti pemilahan, pengomposan dan pendaurulangan.


Pendekatan program dilakukan dengan cara memberdayakan peran pemimpin di masyarakat (fasilitator lingkungan) yang kemudian secara aktif mengajak warga masyarakat lainnya untuk berperan aktif dalam mengelola lingkungan (kader lingkungan). Tujuan dari program Green and Clean menurut Zainal adalah mengedukasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan lingkungan termasuk masalah sampah yang pada akhirnya dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir (TPA ). (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Green and Clean ©  Copyright by Sinjai Green & Clean | E-Mail : sinjaigreenandclean@gmail.com | Design by Tim Web Sinjai Green and Clean