Minggu, 08 Agustus 2010

Kader Lingkungan Gelar Pelatihan Daur Ulang Sampah




Kader lingkungan di RW 01 dan 02 Tokinjong kelurahan Balangnipa, Minggu ( 8/8 ) pagi menggelar pelatihan daur ulang sampah di salah satu rumah kader lingkungan di RW 01. Belasan warga yang didominasi ibu-ibu rumah tangga ini, mengikuti pelatihan dengan antusias. Mereka diajarkan cara-cara mendaur ulang sampah plastik dan kertas menjadi barang-barang kerajinan seperti tas, keranjang serta tempat tissu dari koran bekas.

Rudi Mude, motivator Sinjai green and clean di kelurahan Balangnipa mengatakan bahwa, pelatihan ini dilakukan untuk menambah jumlah kader lingkungan yang bisa membantu program-program Sinjai green and clean dalam mengurangi volume sampah, salah satunya dengan cara di daur ulang. Selain itu menurut Rudi, warga juga di harapkan bisa memiliki penghasilan tambahan apabila sudah mempu mendaur ulang sampah.

“ kita berharap warga di wilayah ini bisa memiliki penghasilan tambahan apabila sudah mampu melakukan kerajinan daur ulang sampah,” katanya. Sementara itu menurutnya, untuk tim pelatih daur ulang sampah sendiri berasal dari para fasilitator lingkungan yang sebelumnya sudah mengikuti workshop,”untuk melatih warga di wilayah ini, kami mempunyai fasilitator lingkungan yang sudah mengikuti workshop pengelolaan sampah mandiri beberapa waktu lalu,” ungkapnya. Pelatihan daur ulang sampah ini sendiri rencananya akan rutin dilakukan setiap sekali seminggu.

RW 01 dan RW 02 Tokinjong ini memang termasuk wilayah yang aktif melakukan kegiatan daur ulang sampah. Hal ini didukung oleh sarana yang mereka miliki, diantaranya mesin jahit 6 unit yang merupakan bantuan dari salah satu lembaga pemberdayaan masyarakat. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Green and Clean ©  Copyright by Sinjai Green & Clean | E-Mail : sinjaigreenandclean@gmail.com | Design by Tim Web Sinjai Green and Clean