Kamis, 05 Agustus 2010

Kader Lingkungan Mulai Terima Orderan




  • Hasil Daur Ulang Sampah

Setelah pelaksanaan kompetisi kampungku bersih Sinjai green and clean, kader-kader lingkungan di wilayah binaan Sinjai green and clean mulai menerima orderan atau pesanan daur ulang sampah dari para peminat. Di RW 02 Tokinjong kelurahan Balangnipa misalnya. Di wilayah ini, Iwan yang juga kader lingkungan RW 02 mulai menerima orderan aneka tas untuk tempat handphone. Bahan baku yang digunakan Iwan untuk membuat tas ini adalah sampah plastik refill atau isi ulang detergen.

Selain di RW 02 Tokinjong, kader lingkungan di RW 04 BTN gojeng permai juga sudah mulai menerima pesanan. Bahkan kader lingkungan di wilayah ini sementara mengerjakan pesanan tim kerja Sinjai green and clean, berupa figura dari koran bekas. “ teman-teman saat ini mengerjakan figura dari koran-koran bekas yang dipesan tim kerja Sinjai green and clean, jumlahnya lumayan banyak,” kata Anti, motivator kelurahan Biringere. RW 04 BTN Gojeng memang memiliki kader-kader lingkungan yang mampu mendaur ulang sampah-sampah plastik, menjadi aneka jenis kerajinan diantaranya, penutup toples, kalung, gelang serta dompet.

Bahkan salah seorang fasilitator di RW 04 BTN gojeng, Andi Hairianti, saat ini sudah membukukan aneka jenis hasil kerajinan daur ulang sampahnya. “ saya sengaja membuat buku khusus daur ulang sampah, agar masyarakat yang berminat membuat kerajinan daur ulang sampah bisa mempelajarinya,” ungkapnya.

Selain dua wilayah ini, kader-kader lingkungan di RW lainnya juga sudah mulai melakukan daur ulang sampah plastik. Mereka semakin sadar bahwa dengan sedikit kratifitas, barang-barang yang sebelumnya hanyalah sampah ternyata memiliki nilai ekonomis, yang bisa menambah pendapatan keluarga. Apa yang dilakukan para kader lingkungan ini, tentu sangat menggembirakan. Selain sudah membantu pemerintah dalam mengurangi volume sampah terutama sampah plastik, warga juga sudah memiliki penghasilan tambahan. (*)


0 komentar:

Posting Komentar

 

Green and Clean ©  Copyright by Sinjai Green & Clean | E-Mail : sinjaigreenandclean@gmail.com | Design by Tim Web Sinjai Green and Clean