Kamis, 29 Juli 2010

Kelompok Daur Ulang Sampah Sudah Terorganisir





Saat penilaian di Kel. Bongki

Kreatif, adalah kata yang pantas disematkan untuk warga di RW 02 lingkungan Popanda kelurahan Bongki, saat tim penilai kompetisi kampungku bersih Sinjai green and clean melakukan roadshow di wilayah ini. Saat rombongan tim Yayasan peduli negeri bersama unsur pemerintah daerah Sinjai memasuki pintu gerbang wilayah, rombongan langsung disambut lagu green and clean yang dibawakan puluhan anak-anak TK/TPA. Bukan hanya anak-anak TK/TPA yang menyambut, namun anggota majelis taklim RW 02 juga turut memberi sambutan hangat.

Usai disambut meriah, para anggota rombongan yang terdiri dari tim penilai dari yayasan peduli negeri, project officer Sinjai green and clean, Zainal Abidin Ridwan serta kepala kantor lingkungan hidup Andi Mulawangsa dan kepala UPTD kebersihan Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, langsung di terima secara resmi dirumah salah seorang kader lingkungan di wilayah ini. Sementara itu, kepala kecamatan Sinjai Utara, A. Junaedi, juga tampak hadir bersama rombongan.

Kepala kelurahan Bongki, Yuhadi Samad, dalam sambutan penerimaannya sangat berharap adanya masukan dan motivasi dari para tim penilai kepada kader-kader lingkungan diwilayahnya. Motivasi ini menurutnya, agar kedepan wilayah binaan Sinjai green and clean di kelurahan Bongki bisa berkembang di masa-masa yang akan datang. Sementara itu, Kepala UPTD Kebersihan, Andi Jefrianto Asapa selaku penasehat program Sinjai green and clean mengatakan bahwa, untuk kedepan program ini perlu di pertajam. Menurutnya, partisipasi warga bersama unsur pemerintah setempat sangat menentukan berhasil atau tidaknya program Sinjai green and clean.

“ Khusus di lingkungan Popanda ini, kami sangat salut perkembangan wilayahnya, terlebih di RW 02 ini banyak memiliki tokoh-tokoh masyarakat yang sangat peduli terhadap lingkungan,” ungkap kepala UPTD kebersihan Sinjai. Setelah diterima secara resmi, tim penilai dari yayasan peduli negeri ( YPN ) kemudian menyisir semua titik di RW 02 Popanda. Salah satu yang menarik perhatian tim penilai adalah, kemampuan kader lingkungan di wilayah ini dalam mengorganisir sistem pengolahan sampahnya salah satunya dengan pembagian tugas kelompok daur ulang sampah, seperti kelompok pengepul, kelompok pencuci hingga pada pengelola galeri hasil daur ulang sampah warga. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Green and Clean ©  Copyright by Sinjai Green & Clean | E-Mail : sinjaigreenandclean@gmail.com | Design by Tim Web Sinjai Green and Clean