Minggu, 18 Juli 2010

Mulai Produksi Tas Daur ulang Sampah





Ingin tampil beda dibanding RW lainnya, RW 02 Tokinjong kelurahan Balangnipa terus melakukan inovasi, menyambut penilaian kompetisi kampungku bersih Sinjai green and clean 2010. Kerjasama dengan program nasional pemberdayaan masyarakat ( PNPM ) pun coba dijajaki. Hasilnya, kader lingkungan di wilayah ini berhasil mendapatkan bantuan 6 unit mesin jahit. Kini dengan 6 unit mesin jahit tersebut, kader lingkungan di RW 02 sudah bisa menunjukkan keahliannya dalam mendaur ulang sampah.

Saat ditemui di rumah salah seorang warga di RW 02 Tokinjong, motivator lingkungan kelurahan Balangnipa, Rudi Mude tampak berbaur dengan kader-kader lingkungan di wilayah ini yang tengah asyik melakukan daur ulang sampah. Menurut Rudi, warga di RW 02 sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan mesin jahit. “ Saya berharap mesin jahit ini dapat di manfaatkan secara maksimal, sebagai sarana bagi kader-kader lingkungan yang ingin membuat kerajinan daur ulang sampah yang memiliki nilai ekonomis,” harapnya.

Menghadapi kompetisi kampungku bersih Sinjai green and clean, kader lingkungan di wilayah ini semakin optimis mampu keluar sebagai yang terbaik, apalagi saat ini mereka sudah mampu memproduksi aneka tas unik dari sampah-sampah plastik. “ kami juga berencana membuat galeri hasil daur ulang sampah di wilayah kami, jadi tamu yang berkunjung ke wilayah ini bisa melihat langsung hasil karya kami,” kata salah seorang kader lingkungan RW 02.

Inovasi lain yang dilakukan kader lingkungan di wilayah ini adalah, menyiapkan fasilitas olahraga bagi warga setempat. Hasilnya, sebidang tanah yang berlokasi di Jl. Melati berhasil di sulap menjadi lapangan futsal. Bahkan rencananya, warga di RW 02 akan memoles lapangan ini menjadi lapangan yang hijau dengan pepohonan. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Green and Clean ©  Copyright by Sinjai Green & Clean | E-Mail : sinjaigreenandclean@gmail.com | Design by Tim Web Sinjai Green and Clean